Wisata kuliner di solo yang terkenal

Gundana

Liputan6.com, Jakarta Sedang merencanakan liburan seru sekaligus menikmati kulinernya? Solo atau dikenal juga dengan nama Surakarta bisa menjadi destinasi yang tepat buat kamu kunjungi. Ya selain batik, kota asal Presiden Joko Widodo ini juga dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia.

Kota Surakarta atau juga disebut Solo atau Sala merupakan  wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang berdasarkan jumlah penduduk.

Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Bersama dengan Yogyakarta, Surakarta merupakan pewaris Kesultanan Mataram yang dipecah melalui Perjanjian Giyanti, pada tahun 1755.

Nah nggak cuma wisata budaya dan sejarah saja, untuk urusan memanjakan lidah kota ini menjadi surganya. Berikut 10 wisata kuliner Solo yang bikin rela antre dan juga ada langganan Jokowi seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/10/2018).

Kota Solo atau yang dikenal dengan slogan “The Spirit of Java” memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi. Solo menyimpan banyak koleksi tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja hingga yang paling populer adalah wisata kuliner. Ada 10 tempat wisata kuliner di Solo yang wajib Anda cicipi saat berkesempatan ke Solo. Kira-kira ada sajian kuliner apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Selat Solo Mbak Lies

Wisata Kuliner di Solo

Pernah mendengar sajian Selat Solo? Selat Solo merupakan olahan masakan yang berisi potongan daging giling yang dikombinasikan bersama wortel, selada, buncis, kentang dan kacang polong. Selat Solo disajikan bersama siraman kuah kental dengan cita rasa manis asin yang sangat khas. Salah satu kuliner Selat Solo di Kota Solo yang paling populer adalah warung milik Mbak Lies yang berada di Jalan Veteran Gang Yudistira Cerengan Solo. Dijamin rasanya bakalan nampol banget dan bikin ketagihan.

2. Soto Gading Alun – Alun Selatan

wisata kuliner solo

Berkunjung ke Solo Anda bisa mencicipi salah satu jajanan kuliner yang populer yaitu Soto Gading yang berada dekat Alun-Alun Selatan Kraton Solo. Dari sekian banyak warung soto tersohor, warung soto ini memang yang paling rame pembeli. Nasi putih disajikan bersama mie soon dan suwiran daging ayam. Kuah bening yang kaya aroma rempah-rempah membuat pagi hari Anda terasa lebih hangat dan bersemangat.

3. Timlo Sastro

wisata kuliner solo

Timlo memang sudah menjadi kudapan khas Solo yang dengan mudah ditemukan dimana saja. Mulai dari warung-warung kecil pinggir jalan hingga resto-resto banyak yang menyajikan kuliner tradisional khas Solo ini. Namun salah satu warung Timlo yang paling legendaris adalah Timlo Sastro yang sudah berdiri sejak 1952. Timlo sendiri merupakan sajian berupa sop kaldu ayam yang memiliki isian berupa wortel, ati ampela, sosis, kentang dan daging ayam. Sangat mantap dinikmati bersama kerupuk kulit.

4. Bale Padi Resto

wisata kuliner solo

Bale Padi Resto yang terletak di Jalan Kadilangu Baki Pandeyan ini juga menjadi salah satu wisata kuliner di Solo yang wajib Anda cicipi. Paling pas dinikmati bersama keluarga di tengah semilir angin nan sejuk yang memanjakan suasana. Uniknya, resto ini menyajikan menu masakan yang berbeda antara pagi dan malam hari. Pagi hingga sore hari biasanya disajikan empal gepuk, tumis tahu, oseng tempe pare dan gulai kakap. Sedangkan pada malam hari ada olahan seafood yang sangat lezat.

5. Serabi Notosuman

wisata kuliner solo

Bagi masyarakat Jawa Tengah, serabi memang sudah populer sejak lama sebagai makanan khas tradisional. Tak terkecuali di Solo, ada warung serabi legendaris yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke kota ini yaitu Serabi Notosuman yang terletak di Jalan Moh. Yamin. Kuliner yang dibuat dari adonan tepung beras dan santan ini tidak pernah sepi peminat meskipun hanya tersedia dua varian rasa saja yaitu original dan coklat.

6. Es Dawet Telasih Milik Bu Dermi

kuliner khas solo

Dengan cuaca Kota Solo yang terbilang panas, pastikan Anda mencicipi kesegaran es dawet telasih milik Bu Dermi. Cukup mengeluarkan kocek sebesar lima ribu saja Anda bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur sumsum, ketan hitam, tape ketan, cendol dan biji telasih.

7. Es Gempol Pleret

wisata kuliner solo

Selain es dawet, di Solo Anda juga bisa menemukan es gempol pleret Pak Suhar yang berada di Jalan Dr. Wahidin. saat ini tidak banyak yang menjual es ini. Gempol sendiri merupakan tepung beras yang dibentuk bulat pipih dan dipapatkan. Sedangkan pleret adalah adonan tepung beras yang dicampur dengan gula jawa. Gempol dan pleret dicampur menjadi satu dan disiram kuah es.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner di Jawa Barat

8. Nasi Liwet

nasi liwet kuliner khas solo

Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menjajal kenikmatan sajian kuliner khas Kota Kraton yang satu ini. Nasi liwet merupakan hidangan nasi putih gurih yang dilengkapi sayur labu, telur rebus dan suwiran ayam yang menjadi favoritnya masyarakat Solo. Salah satu warung nasi liwet yang populer adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang sudah ada sejak 1950.

9. Tahu Kupat Pak Brewok

tahu kupat wisata khas solo

Wisata kuliner di Solo yang satu ini berupa irisan ketupat yang dilengkapi kol, tauge, tahu goreng, dan mie kuning. Kuah kecap dan air bawang yang disiramkan diatasnya memiliki cita rasa yang sangat khas. Anda wajib menjajal Tahut Kupat Pak Brewok yang berada di Jalam R.M Said.

10. Sate Kere Yu Rebi

sate kari makanan khas solo

Buat Anda yang suka sate-satean, Sate Kere Yu Rebi bisa menjadi tujuan kuliner Anda saat berkunjung ke Solo. Sate ini dibuat dari jeroan sapi dnegan harga yang sangat terjangkau tentunya ketimbang dagingnya. Seperti sate-sate pada umumnya, sate kere juga disajikan bersama lontong dan sambal kacang.

Fyi, Kota Solo saat ini sudah memiliki platform travel terbaik yang bisa Anda manfaatkan saat berjalan-jalan ke Solo. Aplikasi ini bernama “Solo Destinastion” yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. “Solo Destination” sendiri merupakan inovasi Platform mCity di Kota Solo yang dikembangkan bersama PT Gamatechno Indonesia (Baca : Kembangkan Potensi Pariwisata Daerah dengan mCity ). Dengan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan data dan informasi lengkap tentang Kota Solo mulai tempat wisatanya hingga spot-spot kuliner menarik seperti yang sudah disebutkan diatas. So, dalam satu platform Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap serta up to date.

Memiliki slogan “The Spirit of Java”, ternyata Solo tidak hanya kental akan budaya wisata. Tetapi, juga kental akan wisata kuliner Solo yang mengusung konsep Jawa.

Konsep Jawa tidaklah katrok. Tetapi, memang inilah pembeda atau ciri khas yang Solo tawarkan kepada masyarakat untuk memaksimalkan potensi wisata kuliner yang ada. Unik, bisa bernostalgia zaman dahulu, dan tetap mempertahankan budaya asli.

Akan sayang sekali, jika ternyata saat kamu bisa menikmati destinasi wisata disana. Namun, enggan untuk mencicipi setiap kuliner khas yang ada. Maka, berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner yang ada di Solo yang wajib kamu kunjungi.

Daftar Wisata Kuliner Solo Favorit

Dalam daftar ini, kamu akan menemukan wisata kuliner Solo yang sudah eksis sejak puluhan tahun lalu, hingga sekarang. Mulai dari yang menawarkan makanan ringan, hingga berat sekalipun.

Bahkan dari beberapa kuliner yang ada sudah mendapat penghargaan 20 kuliner pilihan khas Solo.Apa dan dimana saja wisata kulinernya? Cek pada artikel ini ya?

Nasi Liwet Yu Sani

nasi liwet

Kuliner nasi liwet Solo cukup terkenal di kalangan masyarakat awam sekalipun.

Setelah lelah menikmati liburan ke berbagai destinasi wisata Solo, kamu sering kali lapar bukan? Nah, kamu bisa mampir ke tempat wisata kuliner Solo yang satu ini, “Nasi Liwet Yu Sani”.

Pasalnya, nasi liwet Yu Sani sudah ada sejak 1950-an dan telah mendapat penghargaan 20 kuliner pilihan khas Solo, loh. Legend sekali ya?

Meskipun tempatnya hanya di pinggir jalan, tetapi siapa sangka banyak pengunjung berdatangan. Bahkan pengunjung dari luar kota sekalipun, seperti Jawa Timur.

Kamu bisa menikmati kudapan nasi liwet dengan pelengkap suwiran ayam, sayur labu, dan areh (gumpalan santan) yang gurih ini dengan harga Rp 10.000-an. Tapi tenang, walau ada gumpalan santan, tidak akan membuatmu enek ketika makan.

Atau jika kamu ingin menambahkan lauk, kamu juga bisa menambahkannya. Misalnya, ceker rica dan ati ampela.

Lokasi: Jalan Langenharjo, Grogol, Solo Baru

Jam buka: 16.30 hingga 23.00

Timlo Sastro

Timlo Sastro

Saat kamu lihat tampilannya, masakan timlo sastro ini mirip dengan soto, yakni ada kuah bening dengan pelengkap sosis ayam yang telah dipotong-potong kecil, telur ayam pindang, dan irisan jeroan ayam.

Untuk kamu yang kurang doyan makan berat, kamu bisa makan timlo sastro tanpa nasi dengan harga Rp 18.000-an.

Sementara, untuk kamu yang doyan makan berat, kamu bisa makan timlo sastro dengan tambahan nasi yang ditaburi bawang goreng. Tambahan nasi putih biasanya kena Rp 3.000.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Malam di Puncak Bogor: Nikmati Kelezatan Makanan di Udara Sejuk

Timlo Sastro termasuk wisata kuliner solo legendaris, karena memang sudah ada sejak 1952. Yang kini, kepengurusan timlo sastro sudah masuk generasi ketiga.

Nah, ada hal unik saat kamu pergi ke timlo sastro. Kamu akan makan dengan enjoy karena ada kelompok pengamen, live music keroncong yang telah dikontrak untuk menghibur para pelanggan.

Lokasi: Jalan Pasar Gede Timur No 1-2, Solo

Jam buka: 06.00-15.30

Serabi Notosuman Ny. Handayani

Serabi Notosuman

Jika di Bandung ada kuliner khas bernama surabi, di Solo ada kuliner khas bernama serabi.

Namanya memang hampir mirip, tetapi memiliki perbedaan. Ya, tentunya perbedaan dari segi rasa dan juga penyajian.

Serabi Notosuman memiliki dua varian rasa, yaitu coklat dan original. Selain itu juga tidak dihidangkan dengan kuah, melainkan cukup digulung dan dikukus dengan daun pisang.

Banyak wisatawan kuliner solo menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh favorit. Bahkan, sekadar untuk bersantap sore dengan sajian anget-anget pun juga nikmat loh. Tekstur kenyal, lembut, dan legitnya serabi notosuman memang number one diantara serabi solo lainnya.

Lokasi: Jalan Moh. Yamin Nomor 28 (sebelumnya bernama Jln Notosuman), Solo

Jam buka: 05.00 – 16.00

Depot Es Nini Thowong

Depot Es Nini

Es memang menjadi obat di tengah teriknya kota Solo. Namun, jangan sampai kamu asal dalam membeli es ya?

Ada depot es Nini Thowong yang sayang kamu lewatkan. Kenapa? Karena, depot ini cukup legendaris dan telah mendapat penghargaan 20 kuliner pilihan khas Solo.

Depot ini sudah ada sejak 1980. Saat banyak pedagang es gulung tikar, depot ini justru masih eksis hingga sekarang. Rasanya memang paling mantap.

Es ini terdiri dari buah nangka, pisang raja, nanas, leci, kacang hijau, cendol, agar-agar, dan kolang-kaling. Kuahnya terbuat dari susu kental manis, santan, dan es serut.

Depot ini termasuk ke dalam destinasi kuliner solo murah. Karena, kamu bisa menikmati segarnya es Nini Thowong dengan harga Rp 19.000. Sementara, harga es lainnya tidak jauh berbeda.

Nah, jika ingin menikmati santapan makan berat sekaligus, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 14.000 hingga Rp 30.000. Murah kan?

Lokasi: Jalan Arifin No 59, Kota Solo

Jam buka: 07.00 – 20.00

Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere

Kere artinya memang miskin, tetapi arti sesungguhnya untuk sate kere tidaklah demikian (untuk orang miskin). Siapa saja bisa menikmatinya.

Nah, sate kere yang paling terkenal di Solo adalah sate kere Yu Rebi. Dengan cita rasa bumbu kacang yang kental, banyak wisatawan berdatangan.

Jika kamu berasal dari luar kota dan menggunakan sewa mobil innova Solo, jangan lupa untuk mampir ya?

Kamu bisa menikmati sate kere yang terbuat dari jeroan sapi ini. Tentu, harganya lebih murah daripada daging sapi. Cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 10.000, perut bisa kenyang, puas, dan membuat nagih.

Lokasi: Belakang Stadion Sriwedari Solo dan ada di Galabo.

Jam buka: 10.00 – 21.00

Nasi Pecel Tumpang Bu Kis

Nasi Pecel Tumpang

Jika kamu amati, mungkin kuliner kaki lima solo milik bu Kis ini mirip dengan nasi pecel lainnya. Nyatanya, nasi pecel ini memiliki menu andalan, yaitu sambal tumpang.

Rasanya tidak seperti sambal kacang pada umumnya. sambal tumpang khas Bu Kis rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas.

Bahkan uniknya, kamu tidak hanya bisa menikmati pecel ini dengan nasi hangat. Melainkan, bisa juga menikmatinya dengan bubur beras yang ada tambahan bayam segar dan tauge.

Apalagi ada tahu goreng, tahu putih, krecek, tempe busuk, dan rempah-rempah yang membuat bumbu semakin sedap.

Lokasi: Belakang Pengadilan Negeri Solo dan dekat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah

Jam buka: 07.00 – 14.00

Cabuk Rambak Solo Pasar Gede

Cabuk Rambak

Makanan khas Solo lainnya yang wajib kamu jajal saat berlibur ke Solo adalah cabuk rambak solo.

Ini merupakan camilan khas masyarakat solo yang biasanya juga untuk tambahan menu sarapan, makan siang, atau mengganjal perut lapar pada malam hari.

Cabuk rambak terdiri dari ketupat yang telah diiris tipis, sambal wijen, serta karak. Penyajiannya menggunakan pincuk (wadah dari daun pisang) dengan taburan kerupuk puli atau beras.

Untuk harganya cukup murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000.

Lokasi: Pasar Gede Solo

Jam buka: 24 jam

Angkringan atau HIK Kebon Koelon

HIK Kebon Koelon

Ketika kamu dan rombongan dari luar kota berwisata ke Solo menggunakan rental bus Solo, jangan lupa untuk mampir di angkringan HIK.

Ini bukanlah angkringan biasa. Melainkan, angkringan yang cukup kekinian yang menyediakan wedangan berkelas dengan tingkat higienis tinggi.

Meskipun modern dan target pasarnya adalah masyarakat menengah ke atas. Tetapi, kedai ini tetap mengusung konsep rumah makan Jawa tradisional yang dilengkapi dengan perabot kayu dan ornamen lainnya.

BACA JUGA:   Hotel dekat pantai menganti kebumen

Lokasi: Jalan Slamet Riyadi, Solo

Jam buka: 17.00 – 23.59

Wedangan Pendopo Solo

Wedangan Pendopo

Ingin menikmati wisata kuliner solo malam hari? Wedangan Pendopo Solo bisa coba kamu kunjungi.

Lokasinya memang sedikit tersembunyi. Tetapi siapa sangka, saat kamu berhasil menemukannya, kamu akan dibuat nostalgia.

Ya, bentuk bangunan mengingatkan bangunan Jawa zaman dulu dan banyak barang antik yang membuat kesan jadul semakin terasa.

Kamu bisa menikmati secangkir teh hangat sekaligus menikmati beberapa kudapan lezat.

Lokasi: Jalan Srigading 1 No 7, Mangkubumen, Banjarsari

Jam buka: 18.00 – 00.00

Sate Buntel Mbok Galak

Sate Buntel

Kamu suka kulineran aneka olahan kambing? Wajib banget mampir ke tempat wisata Solo kuliner sate buntel Mbok Galak dan menikmati kudapan sedapnya.

Berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate buntel Mbok Galak terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus atau “dibuntel” menggunakan lemak kambing. Baru kemudian dibakar.

Lokasi: Jalan Mangun Sarkoro No 122 Banyuanyar

Jam buka: 06.00 – 16.00

Tahu Kupat Solihin

Tahu Kupat

Saat mendengar tahu kupat Solihin, apa yang kamu pikirkan? Apakah berpikir bahwa makanan khas Solo ini mirip dengan makanan tahu kupat khas Bandung?

Ya, namanya memang sama. Tetapi, rasa sekaligus penyajiannya berbeda.

Tahu kupat Solihin ini berisi ketupat, potongan tahu goreng, mie kuning, bakwan, kol, dan kacang goreng yang kemudian disiram dengan kuah kacang bercampur kecap.

Agar sensasinya lebih lezat, kamu bisa menikmatinya dengan kerupuk gendar. Tenang saja, per porsinya cukup Rp 10.000 – Rp 12.000.

Usut demi usut, ternyata nama tahu kupat Solihin bukan karena pemiliknya bernama Solihin. Tetapi, karena daerah wisata kuliner Solo ini terletak di dekat masjid Solihin.

Lokasi: Jalan Gadjah Mada No 95, Punggawan, Banjarsari

Jam buka: 07.00 – 18.00

Bakmi Jawa Radjiman

Bakmi Jawa

Mie menjadi kuliner wajib bagi sebagian orang. Tak terkecuali saat berlibur ke Solo, baik liburan sendiri maupun maupun bersama rombongan menggunakan jasa paket wisata Solo.

Uniknya dari bakmi Jawa Radjiman ini adalah pada cara memasaknya yang menggunakan tungku (anglo) dari tanah liat dan arang. Sehingga menciptakan rasa olahan bakmi yang berbeda dan istimewa dari lainnya.

Nah, jika kamu tidak ingin makan mie. Sementara rombongan mu makan mie, kamu bisa memilih kuliner lain yang tempat ini tawarkan. Misalnya, bestik Solo dan nasi mawut. Semua menu dibandrol dengan harga mulai dari Rp 5.000- Rp 22.000 per porsi.

Lokasi: Jalan dr. Radjiman, Singosaren, Solo

Jam buka: 11.00 – 21.30

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gudeg Ceker

Meskipun asal gudeg dari Jogja, tetapi gudeg ceker margoyudan bu Kasno yang ada di Solo ini tidak kalah nikmatnya.

Wisata kuliner solo di malam hari yang satu ini sudah ada sejak 1970-an dan masih eksis hingga sekarang.

Kamu tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam saat lapar melanda pada malam hari. Sebab, satu piring nasi pulen yang dipadu dengan gudeg, telur, ceker, dan opor ayam ini cukup dibandrol dengan harga Rp 15.000.

Lokasi: Jalan Monginsidi No 41 – 43 Margoyudan, Srabulan Banjasari

Jam buka: 01.00 – 07.00 pagi

Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer

Bisa dibilang, tengkleng klewer bu Edi ini menjadi salah satu wisata kuliner solo yang lagi hits sekaligus khas loh.

Bagaimana tidak? Kuliner ini sudah ada sejak 1971 dan hingga sekarang masih selalu ramai pengunjung. Walau jam bukanya hanya 3,5 jam per hari.

Ciri khas tengkleng bu Edi ada pada penyajiannya, yaitu menggunakan “pincukan”. Dalam satu hari, Tengkleng Klewer Bu Edi bisa menjual 100 porsi lebih dengan harga per porsinya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000.

Untuk kamu pecinta tengkleng, wajib banget mampir ke Tengkleng Klewer Bu Edi dan berebut antrian ya?

Lokasi: Pasar Klewer, Jl DR. Radjiman, Surakarta

Jam buka: 12.30 – 16.00

Bakpia Balong Sumber Rejeki

Bakpia Balong

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke solo, tetapi tidak membawa oleh-oleh khas Solo. Ada oleh-oleh yang mungkin selama ini lebih terkenal sebagai oleh-oleh khas Jogja. Tetapi ternyata, Solo pun memilikinya.

Oleh-oleh tersebut adalah Bakpia Balong Sumber Rejeki. Ukurannya lebih besar daripada bakpia Jogja. Selain itu, varian rasanya cukup beragam, seperti keju, kacang merah, coklat, kacang hijau, durian, bahkan isi daging.

Daripada kamu penasaran, lebih baik segera kunjungi Bakpia Sumber Rejeki ini ya? Berikan oleh-oleh terbaik untuk orang-orang tercinta saat di rumah nanti.

Lokasi: Jalan Kapten Mulyadi No 17, Sudiroprajan, Surakarta

Jam buka: 07.30 – 19.00

Nah, bagaimana? Setelah membaca artikel ini, apakah kamu mulai merasa lapar dan ingin segera menyantap kudapan lezat 15 wisata kuliner Solo di atas?

Memang membuat perut semakin keroncongan ya. Apalagi, ternyata tidak hanya ada 15 wisata kuliner yang Solo tawarkan. Itu hanya sebagian kecil saja, sebab masih banyak yang lainnya.

Daripada berlama-lama hanya membayangkan, segera luangkan waktu untuk menikmati wisata kuliner Solo ya? Ajak anak, teman, keluarga, bahkan rekan kerja.

Also Read

Bagikan: