Wisata kuliner wajib di kota solo

Gundana

Kota Solo atau yang dikenal dengan slogan “The Spirit of Java” memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi. Solo menyimpan banyak koleksi tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja hingga yang paling populer adalah wisata kuliner. Ada 10 tempat wisata kuliner di Solo yang wajib Anda cicipi saat berkesempatan ke Solo. Kira-kira ada sajian kuliner apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Selat Solo Mbak Lies

Wisata Kuliner di Solo

Pernah mendengar sajian Selat Solo? Selat Solo merupakan olahan masakan yang berisi potongan daging giling yang dikombinasikan bersama wortel, selada, buncis, kentang dan kacang polong. Selat Solo disajikan bersama siraman kuah kental dengan cita rasa manis asin yang sangat khas. Salah satu kuliner Selat Solo di Kota Solo yang paling populer adalah warung milik Mbak Lies yang berada di Jalan Veteran Gang Yudistira Cerengan Solo. Dijamin rasanya bakalan nampol banget dan bikin ketagihan.

2. Soto Gading Alun – Alun Selatan

wisata kuliner solo

Berkunjung ke Solo Anda bisa mencicipi salah satu jajanan kuliner yang populer yaitu Soto Gading yang berada dekat Alun-Alun Selatan Kraton Solo. Dari sekian banyak warung soto tersohor, warung soto ini memang yang paling rame pembeli. Nasi putih disajikan bersama mie soon dan suwiran daging ayam. Kuah bening yang kaya aroma rempah-rempah membuat pagi hari Anda terasa lebih hangat dan bersemangat.

3. Timlo Sastro

wisata kuliner solo

Timlo memang sudah menjadi kudapan khas Solo yang dengan mudah ditemukan dimana saja. Mulai dari warung-warung kecil pinggir jalan hingga resto-resto banyak yang menyajikan kuliner tradisional khas Solo ini. Namun salah satu warung Timlo yang paling legendaris adalah Timlo Sastro yang sudah berdiri sejak 1952. Timlo sendiri merupakan sajian berupa sop kaldu ayam yang memiliki isian berupa wortel, ati ampela, sosis, kentang dan daging ayam. Sangat mantap dinikmati bersama kerupuk kulit.

4. Bale Padi Resto

wisata kuliner solo

Bale Padi Resto yang terletak di Jalan Kadilangu Baki Pandeyan ini juga menjadi salah satu wisata kuliner di Solo yang wajib Anda cicipi. Paling pas dinikmati bersama keluarga di tengah semilir angin nan sejuk yang memanjakan suasana. Uniknya, resto ini menyajikan menu masakan yang berbeda antara pagi dan malam hari. Pagi hingga sore hari biasanya disajikan empal gepuk, tumis tahu, oseng tempe pare dan gulai kakap. Sedangkan pada malam hari ada olahan seafood yang sangat lezat.

5. Serabi Notosuman

wisata kuliner solo

Bagi masyarakat Jawa Tengah, serabi memang sudah populer sejak lama sebagai makanan khas tradisional. Tak terkecuali di Solo, ada warung serabi legendaris yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke kota ini yaitu Serabi Notosuman yang terletak di Jalan Moh. Yamin. Kuliner yang dibuat dari adonan tepung beras dan santan ini tidak pernah sepi peminat meskipun hanya tersedia dua varian rasa saja yaitu original dan coklat.

6. Es Dawet Telasih Milik Bu Dermi

kuliner khas solo

Dengan cuaca Kota Solo yang terbilang panas, pastikan Anda mencicipi kesegaran es dawet telasih milik Bu Dermi. Cukup mengeluarkan kocek sebesar lima ribu saja Anda bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur sumsum, ketan hitam, tape ketan, cendol dan biji telasih.

BACA JUGA:   Kuliner iga bakar di surabaya

7. Es Gempol Pleret

wisata kuliner solo

Selain es dawet, di Solo Anda juga bisa menemukan es gempol pleret Pak Suhar yang berada di Jalan Dr. Wahidin. saat ini tidak banyak yang menjual es ini. Gempol sendiri merupakan tepung beras yang dibentuk bulat pipih dan dipapatkan. Sedangkan pleret adalah adonan tepung beras yang dicampur dengan gula jawa. Gempol dan pleret dicampur menjadi satu dan disiram kuah es.

8. Nasi Liwet

nasi liwet kuliner khas solo

Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menjajal kenikmatan sajian kuliner khas Kota Kraton yang satu ini. Nasi liwet merupakan hidangan nasi putih gurih yang dilengkapi sayur labu, telur rebus dan suwiran ayam yang menjadi favoritnya masyarakat Solo. Salah satu warung nasi liwet yang populer adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang sudah ada sejak 1950.

9. Tahu Kupat Pak Brewok

tahu kupat wisata khas solo

Wisata kuliner di Solo yang satu ini berupa irisan ketupat yang dilengkapi kol, tauge, tahu goreng, dan mie kuning. Kuah kecap dan air bawang yang disiramkan diatasnya memiliki cita rasa yang sangat khas. Anda wajib menjajal Tahut Kupat Pak Brewok yang berada di Jalam R.M Said.

10. Sate Kere Yu Rebi

sate kari makanan khas solo

Buat Anda yang suka sate-satean, Sate Kere Yu Rebi bisa menjadi tujuan kuliner Anda saat berkunjung ke Solo. Sate ini dibuat dari jeroan sapi dnegan harga yang sangat terjangkau tentunya ketimbang dagingnya. Seperti sate-sate pada umumnya, sate kere juga disajikan bersama lontong dan sambal kacang.

Fyi, Kota Solo saat ini sudah memiliki platform travel terbaik yang bisa Anda manfaatkan saat berjalan-jalan ke Solo. Aplikasi ini bernama “Solo Destinastion” yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. “Solo Destination” sendiri merupakan inovasi Platform mCity di Kota Solo yang dikembangkan bersama PT Gamatechno Indonesia (Baca : Kembangkan Potensi Pariwisata Daerah dengan mCity ). Dengan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan data dan informasi lengkap tentang Kota Solo mulai tempat wisatanya hingga spot-spot kuliner menarik seperti yang sudah disebutkan diatas. So, dalam satu platform Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap serta up to date.

Liputan6.com, Jakarta Sedang merencanakan liburan seru sekaligus menikmati kulinernya? Solo atau dikenal juga dengan nama Surakarta bisa menjadi destinasi yang tepat buat kamu kunjungi. Ya selain batik, kota asal Presiden Joko Widodo ini juga dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia.

Kota Surakarta atau juga disebut Solo atau Sala merupakan  wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang berdasarkan jumlah penduduk.

Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Bersama dengan Yogyakarta, Surakarta merupakan pewaris Kesultanan Mataram yang dipecah melalui Perjanjian Giyanti, pada tahun 1755.

Nah nggak cuma wisata budaya dan sejarah saja, untuk urusan memanjakan lidah kota ini menjadi surganya. Berikut 10 wisata kuliner Solo yang bikin rela antre dan juga ada langganan Jokowi seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/10/2018).

Kota Surakarta atau sering disebut Solo merupakan salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan. Kota ini menawarkan nuansa budaya Jawa yang kental, dan terkenal dengan batiknya, yang digemari banyak wisatawan. Selain itu, Solo juga memiliki dua destinasi wisata budaya yang terkenal, yakni Keraton Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran.

BACA JUGA:   Tiket masuk kolam renang amanah karanganyar

Meski demikian, Kota Solo tak hanya terkenal akan kekayaan budayanya, melainkan juga kulinernya yang sangat terkenal. Wisata kuliner Solo menjadi salah satu daya tarik wilayah ini, karena menawarkan berbagai hidangan lezat dengan berbagai ragam rasa, dari pedas , gurih, asin hingga manis.

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata kuliner Solo yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke kota yang mendapat sebutan “The Spirit of Java” ini.

1. Serabi Notosuman

Salah satu destinasi wisata kuliner Solo yang harus Anda coba adalah Serabi Notosuman, yang sudah hadir menemani masyarakat Solo sejak 1923. Saat ini, Serabi Notosuman dikenal sebagai salah satu jenis kuliner asal Solo yang cukup legendaris. Meski telah hadir sejak lama, kuliner ini masih populer hingga sekarang karena menawarkan cita rasa yang lezat. Dibuat menggunakan adonan tepung beras dan santan, serabi ini memiliki tekstur yang lembut dengan pinggiran renyah. Seluruh serabi juga dimasak secara tradisional, yakni menggunakan tungku kecil.

Ada dua varian rasa serabi yang sebaiknya Anda coba di Serabi Notosuman, yakni polos dan cokelat. Satu porsi serabi terdiri dari sepuluh buah dan dijual seharga kurang lebih Rp 20.000 untuk serabi polos dan Rp 25.000 untuk serabi cokelat. Selain dapat dinikmati di lokasi, Anda juga bisa menjadikan serabi ini sebagai oleh-oleh dari Solo.

2. Selat Solo Mbak Lies

Sajian fresh salad ala Kota Solo disebut dengan Selat Solo ini bisa dikatakan menjadi makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Lokasi wisata kuliner Solo satu ini berada sedikit jauh dari area publik, tepatnya berada di Gang II No 42, Serengan. Tidak usah khawatir soal rasa, usaha Anda untuk menemukan tempat ini pasti akan terbayar dengan selat Solo yang menggugah selera.

Hanya dengan harga Rp 28.000, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi selat Solo yang terdiri dari potongan daging sapi masak semur, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun dan irisan bawang merah. Tidak ketinggalan, kuah segar dan mustard yang terbuat dari cuka dan campuran kuning telur semakin melengkapi kenikmatan kuliner satu ini.

Tak hanya menyajikan kuliner yang lezat dan membuat lidah terpikat, Selat Soto Mbak Lies juga memiliki dekorasi interior yang unik. Di dalamnya, Anda bisa menemukan banyak ornamen keramik mulai dari piring hiasan dinding, guci, hingga lukisan yang ditata sedemikian rupa.

3. Sate Kambing H. Bejo

Bila Anda pecinta olahan daging dalam bentuk sate, maka tak lengkap rasanya bila tak berkunjung ke warung sate milik H. Bejo. Salah satu menu pilihannya adalah sate buntel daging, yang menggunakan daging kambing cincang yang dibuntel (buntel dalam Bahasa Jawa artinya bungkus) dengan lemak kambing yang kemudian dibakar. Selain bisa memesan sate buntel, di sini tersedia menu lainnya seperti gule, tongseng, tengkleng.

Advertisement

Bila Anda sedang mengunjungi Solo, kuliner satu ini wajib masuk daftar wisata kuliner yang tak boleh terlewatkan. Kuliner ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat, karena menjadi langganan Presiden Joko Widodo bahkan semenjak dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sate Kambing H. Bejo ini sendiri berlokasi di Jl. Lojiwetan. Saat Anda sedang berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Punclut Kota Bandung Jawa Barat

4. Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

Selepas berjalan-jalan menikmati kekayaan sejarah dan budaya Kota Solo, tak lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke Pasar Klewer. Selain terkenal akan kain batiknya, pasar ini juga tempat wisata kuliner yang populer. Di Pasar Klewer, Anda harus mencicipi menu sajian tengkleng Bu Edi, yang buka mulai pukul 14:00 dan terletak di bagian utara gapura pasar.

Di hari biasa, dalam hitungan jam saja tengkleng ini sudah habis tanpa sisa. Jadi kalau Anda tertarik mencoba, sebaiknya sudah datang satu jam sebelum dibuka.

Tengkleng Bu Edi ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan olahan jeroan kambing dan tulang belulang, lalu disiram kuah kuning. Cita rasanya begitu segar, gurih dan sedikit pedas.

5. Timlo Sastro

Bagi sebagian orang, Timlo mengingatkan dengan grup komedi yang sempat tenar beberapa tahun lalu. Namun. ternyata timlo sendiri adalah kuliner khas Solo. Dari segi komposisi, timlo merupakan sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati dan ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Untuk menikmatinya, Anda bisa menyantapnya secara langsung atau mencampurnya dengan nasi. Rasanya akan semakin nikmat dengan menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis.

Dari sekian banyak penjaja sajian timlo yang bisa Anda temukan di Solo. Salah satu tempat populer dan terjamin kualitasnya adalah Timlo Sastro di Jl. Kapten Mulyadi No. 8, belakang Pasar Gede, Solo. Biasanya, warga Solo menyebut Timlo Sastro sebagai Timlo Mbalong karena lokasi Pasar Gede yang berada di Kampung Balong. Saat musim liburan tiba, Timlo Solo ini tak pernah sepi pengunjung.

Dengan harga Rp 20 ribu Anda sudah bisa mencicipi seporsi timlo komplit. Timlo Sastro tergolong populer, sehingga jangan kaget apabila Anda melihat antrian yang panjang. Tetapi, reputasinya yang sudah melegenda membuat upaya yang Anda keluarkan untuk mengantri sebanding dengan kenikmatan rasa yang didapatkan. Jadwal bukanya sendiri dimulai pukul 06.00-15.30.

 6. Pecel Solo

Rekomendasi wisata kuliner Solo yang terakhir adalah pecel Solo. Menu andalan dari Warung Pecel ini adalah Pecel Ndeso yang terdiri atas nasi merah, daun bayam, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, daun kenikir, yang disiram bumbu pecel khas dengan cita rasa manis, asin, pedas dan gurih.

Untuk menemani menu Pecel Ndeso, Anda bisa memesan minuman tradisonal dengan bahan herbal seperti beras kencur, jahe pandan, kunir asem sirih, temulawak dan masih banyak menu-menu tradisonal lainnya.

Tidak hanya menunya yang lezat, tempat ini juga nyaman dan nuansa dari Warung Pecel Solo ini sangat khas dengan kota budaya ini. Tempat ini berlokasi di Jl. Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen. Harga menu disini juga masih terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Adapun jam bukanya dua kali dalam sehari, yakni pukul 08.00 – 16.00 dan 18.00 – 22.00.

Demikianlah enam rekomendasi wisata kuliner Solo dengan harga yang ramah di kantong. Saat bertandang ke Solo, jangan sampai Anda melewatkan lima kuliner ini.

Also Read

Bagikan: