Skip to content
Home » Wisata Religi » Wisata Malang Masjid Tiban: Keindahan Arsitektur Kuno

Wisata Malang Masjid Tiban: Keindahan Arsitektur Kuno

Apakah Anda ingin menikmati keindahan arsitektur kuno saat berwisata di Malang? Jika iya, maka Anda perlu mengunjungi sebuah masjid yang terkenal karena keindahan dan keunikannya, yaitu Masjid Tiban. Terletak di Desa Tiban, Kecamatan Arjosari, Kota Malang, Jawa Timur, masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sangat populer di Malang.

Sejarah Masjid Tiban

Masjid Tiban dibangun pada zaman Kesultanan Mataram dan sampai saat ini masih berdiri kokoh. Bangunan masjid ini menggabungkan arsitektur Jawa, China, dan Arab yang membingkai tradisi Islam di Malang. Kata "Tiban" sendiri dalam bahasa Jawa berarti "tempat tinggal".

Keindahan Arsitektur

Bangunan Masjid Tiban memiliki arsitektur yang sangat unik dan memukau. Hal ini terlihat dari bentuk bangunannya yang dipenuhi ornamen dan hiasan-hiasan khas dengan warna-warna yang kontras dan mencolok. Anda akan merasakan betapa kayaannya budaya Malang saat memasuki area masjid. Tidak ketinggalan, di dalam masjid juga terdapat kolam dan taman yang menambah keindahan arsitektur yang ada.

Spot Selfie Terbaik

Masjid Tiban merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan Indonesia dan mancanegara. Terlebih lagi, spot selfie di tempat ini sangat keren dan instagramable! Anda dapat berfoto di pelataran masjid atau bahkan di balik ornamen-ornamen khas yang ada di bangunannya. Tak hanya itu, masjid ini juga memberikan nuansa eksotis yang sangat kental sehingga menjadi spot favorit para wisatawan asing yang berkunjung ke Malang.

Festival dalam Masjid

Masjid Tiban juga sering digunakan sebagai lokasi acara festival oleh masyarakat sekitar. Festival keagamaan seperti tahlilan, pengajian, dan acara pernikahan sering diadakan di masjid ini. Dengan keindahan arsitektur yang dimilikinya, masjid ini sering menjadi pusat perhatian wisatawan yang ingin menikmati keunikan budaya Jawa di Malang.

BACA JUGA:   Wisata Masjid di Malang: Menikmati Kecantikan Arsitektur Islam di Kota Malang

Lokasi dan Akses

Terletak di Desa Tiban, Kecamatan Arjosari, Kota Malang, masjid ini cukup mudah diakses baik dengan kendaraan umum atau pribadi. Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkutan kota yang banyak tersedia di Malang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya perlu mengikuti rute ke Jalan Letjend Sutoyo dan menuju ke arah timur.

Kesimpulan

Wisata Malang Masjid Tiban memberikan pengalaman yang sangat berbeda bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan arsitektur kuno serta pengalaman religi di Malang. Sekarang, sudah tidak diragukan lagi bahwa Masjid Tiban harus masuk ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi saat mencari tempat wisata religi yang unik di Malang. Jangan lupa untuk membawa kamera dan merasakan pengalaman wisata terbaik di Malang!