Wisata Masjid Bawah Tanah Tuban: Surga Tersembunyi di Bumi

Wawan Pradana

Masjid hanyalah bangunan biasa bagi banyak orang. Tapi bagi umat Muslim, masjid adalah tempat suci yang sangat penting karena merupakan tempat untuk beribadah. Ada banyak masjid yang tersebar di seluruh Indonesia, tapi apakah Anda tahu ada wisata masjid bawah tanah yang tersembunyi di Tuban, Jawa Timur?

Menemukan Surga Tersembunyi

Banyak orang mungkin tidak tahu bahwa di Tuban, Jawa Timur, terdapat wisata masjid bawah tanah yang menakjubkan. Masjid tersebut dikenal sebagai Masjid Bawah Tanah Al Hidayah dan keberadaannya tidak terlalu dikenal di luar daerah. Tapi jika Anda sedang mencari sesuatu yang berbeda dan menarik, wisata masjid bawah tanah ini adalah pilihan yang tepat.

Sejarah Masjid Bawah Tanah Al Hidayah

Masjid Bawah Tanah Al Hidayah adalah masjid yang dibangun pada zaman Kerajaan Majapahit dan kini telah berusia lebih dari 700 tahun. Masjid ini awalnya digunakan sebagai pengungsi pada masa perang dan akhirnya menjadi tempat beribadah. Bangunan masjid memiliki arsitektur yang unik dengan atap prisma dan bagian dalam yang menjulang tinggi. Selain itu, masjid ini juga memiliki keunikan lain, yaitu keberadaannya di bawah tanah.

Keunikan Masjid Bawah Tanah Al Hidayah

Masjid Bawah Tanah Al Hidayah merupakan tempat yang sangat indah dan mengejutkan. Masjid ini berada di bawah tanah, di dalam sebuah gua yang alaminya sangat menakjubkan. Dinding gua dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk selama ribuan tahun. Pengunjung juga dapat melihat sungai bawah tanah yang jernih mengalir di sekitar masjid.

BACA JUGA:   25 Wisata Religi Di Gresik

Pengalaman Mengunjungi Masjid Bawah Tanah Al Hidayah

Wisata masjid bawah tanah ini bukan hanya tentang beribadah, tapi juga tentang pengalaman unik yang dapat Anda alami. Saat Anda memasuki gua di bawah tanah, Anda akan berjalan melewati jalan setapak yang dipenuhi dengan air dan akhirnya sampai ke masjid. Pengunjung bisa merasakan bagaimana dinginnya udara gua dan keindahan stalaktit dan stalagmit di sekitar masjid.

Tips Berkunjung ke Masjid Bawah Tanah Al Hidayah

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata masjid bawah tanah ini, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda. Pertama, pastikan Anda membawa pakaian yang sopan dan menutup aurat karena ini masih merupakan tempat ibadah. Kedua, bawa lampu senter atau ponsel karena dalam gua cukup gelap. Terakhir, bawa air minum dan makanan ringan karena cuaca di dalam gua cukup dingin dan meskipun tempat ini cukup jauh dari kota, selalu ada yang bisa Anda jangkau.

Kesimpulan

Wisata masjid bawah tanah Al Hidayah di Tuban, Jawa Timur adalah pengalaman yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Meskipun masih tersembunyi dari banyak orang, tempat ini sangat bernilai untuk dikunjungi. Dalam gua yang spektakuler, Anda bisa merasakan kesenangan beribadah dan keindahan alam sekaligus. Jadi, jika Anda sedang mencari sesuatu yang berbeda, wisata masjid bawah tanah Al Hidayah harus masuk dalam daftar liburan Anda.

Also Read

Bagikan: