Skip to content
Home » Wisata Religi » Wisata Masjid di Surabaya: Menjelajahi Keindahan Arsitektur Islam di Kota Pahlawan

Wisata Masjid di Surabaya: Menjelajahi Keindahan Arsitektur Islam di Kota Pahlawan

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, dan sosial. Selain itu, Surabaya juga menjadi salah satu kota dengan sejarah Islam yang kaya. Ada banyak dari tempat-tempat bersejarah yang menjadi daya tarik wisatawan dan salah satunya adalah masjid-masjid di Surabaya. Di artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa masjid indah yang bisa kamu kunjungi di kota ini.

Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Dibangun pada 1995, masjid ini memadukan arsitektur tradisional dan modern. Dalam bahasa Arab, Al-Akbar berarti yang terbesar, dan menunjukkan keagungan masjid ini. Masjid Al-Akbar juga terkenal dengan menara setinggi 99 meter yang melambangkan 99 asmaul husna. Dalam masjid terdapat banyak fasilitas seperti ruang shalat, perpustakaan, kolam renang, dan lain-lain.

Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo terletak di Jalan Gading Timur, Surabaya. Terinspirasi oleh tokoh muslim yang terkenal dari Tiongkok, masjid ini dibangun dengan arsitektur yang unik dan menakjubkan. Masjid Cheng Hoo memiliki warna dominan kuning dan hijau, serta dekorasi yang diperkaya dengan ragam hiasan Islam dan Tionghoa. Selain sebagai salah satu tempat ibadah umat Muslim, masjid ini juga menjadi salah satu tempat edukasi sejarah dan budaya Islam Tionghoa.

Masjid Agung Sunan Ampel

Masjid Agung Sunan Ampel terletak di Jalan Masjid No. 1, Surabaya. Nama masjid ini diambil dari salah satu tokoh sufi terkenal dari Jawa Timur, yaitu Sunan Ampel. Dibangun pada abad ke-15, masjid ini menjadi salah satu situs bersejarah yang penting di Surabaya. Di dalamnya terdapat makam Sunan Ampel dan terdapat pula benda-benda peninggalan dari kerajaan-kerajaan masa lampau. Masjid Agung Sunan Ampel menjadi salah satu pusat kegiatan Islam di Surabaya.

BACA JUGA:   Memukau Wisata Masjid Raya Dompak, Oase Di Tanah Gersang Dengan 3 Foto

Masjid Nasional Al-Akbar

Masjid Nasional Al-Akbar berlokasi di kawasan Pemuda, Surabaya. Seperti namanya, masjid ini merupakan masjid nasional dan menjadi salah satu masjid penting di Indonesia. Masjid Nasional Al-Akbar dibangun pada 2000 dan memadukan arsitektur Mughal dan Arab. Masjid ini juga terkenal dengan taman yang luas dan indah yang menciptakan suasana tenang dan damai. Dalam masjid ini terdapat banyak fasiltias seperti aula seluas 1.000 meter persegi, auditorium, dan lainnya.

Masjid Khasanah Asilah

Masjid Khasanah Asilah mungkin menjadi salah satu masjid paling indah yang ada di Surabaya. Masjid yang terletak di Jalan Kawi No. 1, ini memiliki arsitektur yang khas dan menarik. Khasanah Asilah diambil dari bahasa Arab yang berarti harta yang asli. Masjid ini dibangun dengan desain yang menggabungkan nuansa modern dan klasik. Dalam masjid ini terdapat depiksi tokoh-tokoh islam yang diukir dengan indah. Terdapat pula taman yang hijau dan tampak asri.

Masjid At-Taqwa

Masjid At-Taqwa terletak di Jalan Garuda, Surabaya. Meskipun masjid ini relatif kecil, namun masjid ini memiliki keindahan arsitektur yang luar biasa. Masjid ini dibangun dengan warna krem dan coklat, diperkaya dengan ragam hiasan yang indah. Masjid At-Taqwa juga terkenal dengan lokasinya yang strategis, sebab berada di tengah kota.

Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman terletak di Jalan Biliton No. 5, Surabaya. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Surabaya, karena dibangun pada 1891. Meskipun usianya sudah ratusan tahun, namun lagi-lagi masjid ini memiliki keindahan arsitektur yang memukau. Masjid Baiturrahman memiliki dua lantai dengan dinding-dinding yang memiliki corak dan hiasan yang indah. Selain itu, di sisi barat masjid terdapat tiga kubah dan menara setinggi 25 meter.

BACA JUGA:   Gambaran Umum Objek Wisata Makam Sunan Kudus: Mengenang Kehormatan Sejarah Islam

Itulah beberapa masjid indah di Surabaya yang bisa menjadi pilihan wisata selain tempat-tempat lain. Masjid-masjid ini tidak hanya indah secara arsitektur, tetapi juga menjadi jendela untuk memahami Islam dan sejarah Surabaya. Bagaimana, terkesima dengan keindahan masjid-masjid ini? Jangan lupa kunjungi dan temukan keagungan arsitektur Islam yang begitu menakjubkan ini!