Skip to content
Home » Wisata Religi » Wisata Masjid Jin Malang: Menikmati Pesona Keindahan Arsitektur Islam

Wisata Masjid Jin Malang: Menikmati Pesona Keindahan Arsitektur Islam

Masjid Jin Malang adalah destinasi wisata agama yang populer di Malang, Jawa Timur. Terletak di kawasan Kota Malang, masjid ini merupakan salah satu keajaiban arsitektur Islam yang sangat menakjubkan. Diresmikan pada tahun 2017, masjid ini mempesona pengunjung dengan keindahan ornamen dan detail arsitektur yang sangat indah.

Sejarah dan Makna Masjid Jin Malang

Masjid Jin Malang merupakan karya terbaru dari arsitek terkenal Hadi Tjahjanto. Bangunan ini dijadikan sebagai objek wisata religi yang menggabungkan unsur-unsur budaya lokal dan Islam. Dalam perancangan masjid ini, Hadi Tjahjanto menggunakan pola-pola arsitektur yang mengikuti filsafat Islam.

Masjid Jin Malang mengusung tema "keberagaman" dalam arti seluruh aspek bangunan ini melambangkan keberagaman dalam kehidupan. Termasuk keberagaman dalam budaya dan agama yang diakui di Indonesia. Masjid ini sangat menonjolkan perpaduan kebudayaan Arab, Indonesia, India dan Turki, sehingga sangat indah dipandang oleh mata pengunjung.

Keindahan Arsitektur Masjid Jin Malang

Masjid Jin Malang dipenuhi dengan detail yang indah dan mengesankan. Bangunan utama masjid ini dihiasi dengan pola geometris yang memancarkan pesona keindahan arsitektur Islam. Pintu masjid ini terbuat dari kayu jati dan dilengkapi dengan ukiran tangan yang sangat indah.

Saat masuk masjid, pengunjung akan disambut dengan sebuah lobby yang luas dan indah, dengan tata letak yang simetris dan rapi. Ruang shalat utama adalah ruangan paling megah di dalam masjid, yang membuat pengunjung terpukau dengan ornamen-ornamen yang sangat indah. Dinding-dinding masjid juga didekorasi dengan kaligrafi yang sangat indah, yang membuat perasaan pengunjung semakin hening dan damai.

BACA JUGA:   Wisata religi makam syekh jumadil kubro

Aktivitas Menarik di Masjid Jin Malang

Kegiatan wisata religi di Masjid Jin Malang meliputi tour wisata yang diadakan oleh para pengelola masjid. Tour ini berisi sejumlah cerita, sejarah, dan makna yang terkandung di dalam masjid. Pengunjung akan diajak berkeliling masjid dengan panduan dari para ustadz dan akan dijelaskan tentang rincian arsitektur masjid. Selain itu, pengelola masjid juga akan memberikan pengunjung buku panduan tentang sejarah singkat masjid dan kegiatan Islam.

Selain tour wisata, pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam aktivitas kegiatan rutin keagamaan yang diadakan di masjid. Salah satunya adalah shalat Jumat yang dilaksanakan setiap Jumat. Shalat Jumat ini dilaksanakan bersama-sama oleh jemaah yang hadir di dalam masjid. Pengunjung dapat merasakan pengalaman shalat Jumat dengan suasana yang sangat berbeda dengan masjid pada umumnya.

Info Praktis untuk Wisatawan

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Masjid Jin Malang, Anda dapat mengunjungi masjid ini setiap hari dari jam 09.00 pagi hingga 21.00 malam. Masjid ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Malang dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum. Masjid Jin Malang sangat mudah untuk dijangkau dan tersedia parkir yang cukup luas untuk kendaraan Anda.

Masjid Jin Malang merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, baik bagi wisatawan muslim maupun non-muslim. Dengan pesona keindahan arsitektur Islam yang memukau, dan nuansa keberagaman yang sangat kental, pengalaman berwisata di tempat ini tak terlupakan. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Malang dan mengunjungi tempat wisata populer lainnya di Malang saat Anda berkunjung ke sini. Selamat berwisata!