"Wisata Masjid Kubah Emas: Menikmati Keindahan Arsitektur Islam di Tengah Kota"

Harsaya Wasita

Masjid Kubah Emas adalah salah satu tempat wisata unik yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang mengunjungi kota. Masjid ini terkenal dengan arsitektur islami yang indah dan memukau, yang merupakan hasil kreativitas para bangsawan Islam. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Al-Mawaddah, dan terletak di pusat kota yang mudah dijangkau oleh para pengunjung. Untuk Anda yang ingin mengagumi keindahan seni dan arsitektur Islam, maka wisata Masjid Kubah Emas merupakan salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi.

Sejarah Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas dibangun pada tahun 1993 dan selesai pada tahun 2000. Masjid ini terletak di kawasan Bukit Soeharto yang merupakan pusat kota, tepatnya di jalan Dr. Soetomo. Masjid ini dibangun oleh sekelompok masyarakat Indonesia dengan dukungan dari beberapa negara Arab terkemuka. Visi dari pembangunan Masjid Kubah Emas adalah untuk membangun sebuah tempat ibadah yang berarti dan menginspirasi bagi masyarakat lokal dan internasional.

Arsitektur Masjid Kubah Emas terinspirasi oleh arsitektur masjid di beberapa negara Arab, seperti Turki, Mesir, dan Maroko. Kombinasi dari gaya arsitektur ini menghasilkan kesan yang indah dan megah. Seluruh bangunan masjid merupakan campuran antara konsep modern dan klasik.

Keindahan Arsitektur Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas memiliki bentuk kubah emas yang sangat memukau. Kubah ini terbuat dari perak dan dilapisi dengan lapisan emas. Desain kubah ini unik karena memiliki lima bagian, yang menggambarkan lima pilar Islam atau rukun iman bagi umat muslim. Selain itu, bagian tengah kubah memiliki ukiran indah dari kaligrafi aramik yang menggambarkan asmaul husna.

BACA JUGA:   8 Wisata Religi Gunung Kemukus

Sementara itu, lantai masjid juga memiliki desain yang sangat indah. Lantai mausoleum dibuat dari marmer kemurnian yang gamping dan granit yang dipoles dengan baik. Sehingga menciptakan rasa tenang dan damai bagi para jamaah yang datang untuk beribadah. Selain itu, dinding masjid juga dilengkapi dengan ukiran kaligrafi dan motif geometris yang sangat indah.

Fasilitas Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga memiliki berbagai fasilitas bagi pengunjung yang mengunjungi tempat ini. Di dalam masjid, terdapat padang rumput yang luas, taman, dan air mancur yang menambah keindahan dan kenyamanan tempat ini. Di salah satu sisi masjid juga terdapat ruang konferensi dan perpustakaan yang dapat digunakan untuk berbagai acara, seperti seminar dan diskusi islam.

Tidak hanya itu, untuk keperluan ibadah, masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet, tempat wudhu, dan tempat shalat untuk para jamaah laki-laki dan perempuan. Selain itu, di luar masjid terdapat area parkir yang luas bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.

Mewujudkan Impian untuk Berkunjung ke Masjid Kubah Emas

Untuk datang ke Masjid Kubah Emas, Anda dapat menempuh perjalanan udara melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Kemudian, Anda dapat menaiki taksi atau kendaraan pribadi untuk menuju ke jalan Dr. Soetomo. Masjid Kubah Emas terletak di dekat Kepala Dua Plaza, yang mudah dijangkau dari berbagai arah.

Bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan seni dan arsitektur Islam secara langsung, Masjid Kubah Emas adalah tempat wisata yang sangat direkomendasikan. Keindahan arsitektur Masjid Kubah Emas yang megah merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Oleh karena itu, jika sedang berkunjung ke kota , jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Kubah Emas dan nikmati keindahan seni dan arsitektur Islam di tengah kota ini.

Also Read

Bagikan: