Wisata Masjid Kuno Lombok: Situs Budaya Bersejarah di Pulau Lombok

Jelita Anggraini

Pulau Lombok terkenal dengan keindahan pantainya yang eksotis dan memiliki banyak objek wisata yang menarik. Salah satu situs wisata yang tak boleh dilewatkan adalah wisata masjid kuno Lombok. Masjid kuno Lombok merupakan situs bersejarah yang menyimpan nilai budaya dan religi yang sangat tinggi.

Sejarah Masjid Kuno Lombok

Masjid kuno Lombok dibangun pada abad ke-18 dan sudah menjadi bagian dari sejarah Lombok. Masjid ini juga sering disebut Masjid Kuno Bayan. Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 34 hektar, dengan arsitektur yang unik dan menarik. Masjid ini terdiri dari lima bangunan utama dan lima bangunan kecil yang digunakan sebagai tempat belajar di madrasah.

Masjid kuno Lombok awalnya dibangun sebagai tempat untuk mengajarkan pengetahuan agama Islam, namun kini telah menjadi tempat wisata religi dan budaya yang populer. Dalam sejarahnya, mimbar di masjid kuno Lombok telah menyaksikan banyak peristiwa menarik dan penting dalam sejarah Lombok.

Keindahan Arsitektur Masjid Kuno Lombok

Masjid kuno Lombok memiliki arsitektur yang khas dan unik. Arsitektur yang digunakan memiliki sentuhan khas Melayu, Arab, dan Jawa. Dalam masjid ini, kita akan menemukan banyak ornamen dengan motif burung, bunga, dan pohon. Arsitektur Masjid Kuno Lombok juga memiliki banyak detail dan ornamen yang indah, seperti ukiran kayu, kaca, dan keramik.

Pesona Budaya dan Religi dalam Masjid Kuno Lombok

Masjid kuno Lombok bukan hanya sebuah bangunan yang indah, tetapi juga merupakan tempat yang sarat dengan pesona budaya dan religi. Kita bisa menemukan banyak cerita yang menyimpan nilai historis yang sangat tinggi. Masjid kuno Lombok juga menjadi tempat bagi kegiatan keagamaan seperti pengajian, acara pernikahan, dan sholat berjamaah.

BACA JUGA:   Tempat ziarah situ lengkong panjalu

Hal yang Bisa Dilakukan di Masjid Kuno Lombok

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Masjid Kuno Lombok, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kita bisa menikmati keindahan arsitektur dan ornamentasi yang sangat indah dan menarik. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi museum dan mempelajari sejarah Masjid Kuno Lombok yang menarik. Kita juga bisa mengikuti acara keagamaan dan festival yang rutin diadakan.

Tips Berkunjung ke Masjid Kuno Lombok

Sebelum berkunjung ke Masjid Kuno Lombok, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan pangkalannya nilai-nilai religinya selaras dengan agama yang dianut. Kedua, kenakan pakain yang sopan seperti jilbab untuk perempuan dan baju Islam untuk laki-laki. Ketiga, jangan lupa membawa kamera atau handphone untuk mengambil gambar candi yang sangat indah dan menarik.

Kesimpulan

Masjid kuno Lombok adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pulau Lombok. Wisata religi yang menarik ini menyimpan banyak nilai budaya dan religi yang sangat tinggi. Keindahan arsitektur dan ornamen masjid kuno Lombok juga sangat memikat dan unik. Kunjungan ke Masjid Kuno Lombok akan membawa kenangan indah dan penuh makna bagi para wisatawan.

Also Read

Bagikan: