Wisata Masjid Muhammad Cheng Ho

Najam Pradana

Jika Anda mencari tempat untuk berkunjung di Surabaya, wisata masjid Muhammad Cheng Ho dapat menjadi pilihan yang tepat. Masjid ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga menjadi daya tarik wisata karena keindahannya. Masjid Muhammad Cheng Ho merupakan masjid besar yang terletak di kawasan Jalan Gading Utara, Surabaya. Masjid ini terbilang cukup baru karena baru dibangun pada tahun 2002.

Keindahan Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho memiliki keindahan tersendiri yang membuat banyak pengunjung terkagum-kagum. Dari sisi arsitektur, masjid ini menggabungkan konsep Cina dan Islam yang menghasilkan kombinasi yang sangat menarik dan unik. Masjid ini juga dikelilingi oleh air mancur besar yang akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa tenang dan damai.

Di dalam masjid, pengunjung akan melihat keindahan interior yang sangat menawan dan penuh warna. Atap masjid yang tinggi juga menambah kesan megah dari masjid ini. Selain itu, di bagian depan masjid, terdapat patung besar yang menggambarkan Muhammad Cheng Ho, pelaut legendaris Tiongkok yang dikenal karena kiprahnya dalam memperkenalkan ajaran Islam di Nusantara.

Sejarah Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho didirikan untuk menghormati jasa-jasa Muhammad Cheng Ho dalam memperkenalkan Islam di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Muhammad Cheng Ho yang juga dikenal dengan nama Zheng He merupakan pelaut muslim asal Tiongkok yang melakukan ekspedisi ke berbagai bagian dunia pada abad ke-15. Salah satu ekspedisi pentingnya adalah ke Nusantara, khususnya Jawa Timur.

BACA JUGA:   Wisata religi yang ada di magelang

Muhammad Cheng Ho mengunjungi Jawa Timur sebanyak tujuh kali pada masa pemerintahan Raja Majapahit, Raden Patah. Pada saat itu, Pangeran Trenggana, putra dari Raden Patah, menjadi muslim dan mengubah namanya menjadi Sunan Ampel. Muhammad Cheng Ho membantu mengenalkan ajaran Islam di Nusantara dan menjalin hubungan baik dengan para pemimpin setempat.

Kegiatan di Masjid Muhammad Cheng Ho

Di samping beribadah, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan di Masjid Muhammad Cheng Ho. Masjid ini memiliki aula besar yang sering digunakan untuk acara-acara besar seperti pernikahan, acara keluarga, atau kegiatan komunitas. Masjid ini juga memiliki toko buku dan restoran yang menyediakan berbagai hidangan khas Surabaya.

Pada malam hari, suasana Masjid Muhammad Cheng Ho menjadi semakin indah karena dihiasi lampu-lampu yang warna-warni. Pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan sambil menikmati pemandangan air mancur dan lampu-lampu yang indah.

Bagaimana Mencapai Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho dapat dicapai dengan berbagai alat transportasi seperti taksi, angkutan umum, atau kendaraan pribadi. Masjid ini terletak di Jalan Gading Utara, Surabaya, yang mudah diakses dan terletak dekat dengan pusat kota.

Kesimpulan

Jadi, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho. Meskipun merupakan tempat ibadah, masjid ini juga memiliki keindahan dan kesan sejarah yang sangat menarik. Selain itu, berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di dalam masjid membuat wisata ke masjid ini menjadi lebih menyenangkan. Dengan aksesibilitas yang mudah, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho saat berkunjung ke Surabaya.

Also Read

Bagikan: