Skip to content
Home » Wisata Religi » Wisata Masjid Tua Katangka: Menelusuri Jejak Sejarah di Sulawesi Selatan

Wisata Masjid Tua Katangka: Menelusuri Jejak Sejarah di Sulawesi Selatan

Jika Anda pecinta sejarah dan ingin menelusuri keindahan arsitektur Islam kuno, maka Wisata Masjid Tua Katangka adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, masjid tua ini merupakan salah satu peninggalan sejarah penting di Indonesia.

Sejarah Masjid Tua Katangka

Masjid Tua Katangka dibangun pada abad ke-16 pada masa kekuasaan Kesultanan Bone. Sesuai dengan namanya, masjid ini memang sangat tua dan telah melalui perjalanan sejarah yang panjang. Dalam sejarahnya, masjid ini pernah dijadikan sebagai tempat pertemuan Muslim awal di daerah tersebut.

Namun pada masa penjajahan Belanda, masjid tua ini sempat ditinggalkan dan menjadi terbengkalai. Barulah pada tahun 2001, Komunitas Masyarakat Timur Indonesia (KOMATIM) memulai renovasi dan perbaikan masjid ini. Saat ini, masjid ini telah kembali berdiri dengan megah dan dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Mengenal Keindahan Arsitektur Masjid Tua Katangka

Masjid Tua Katangka memiliki keindahan arsitektur yang sangat menarik dan unik dengan campuran arsitektur tradisional Sulawesi dengan gaya Islam. Hal ini dapat terlihat dari atap rumah adat Toraja yang menonjol dengan kubah berbentuk kaleng dengan desain yang sangat artistik.

Masjid Tua Katangka juga diliputi oleh cahaya alami yang masuk melalui jendela-jendela berukuran besar. Selain itu, dinding masjid memiliki ornamen khas Islam seperti kaligrafi dan ukiran.

Tips Berwisata ke Masjid Tua Katangka

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Wisata Masjid Tua Katangka, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk memakai pakaian yang sopan dan sesuai dengan adat setempat. Kedua, siapkan fisik Anda karena jalur menuju masjid bisa sangat terjal dan berbatu.

BACA JUGA:   14 Foto Wisata Candi Angin

Ketiga, buatlah jadwal kunjungan yang tepat agar Anda bisa menikmati keindahan Masjid Tua Katangka dengan maksimal. Keempat, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga selama perjalanan.

Kesimpulan

Wisata Masjid Tua Katangka adalah destinasi yang sangat menarik bagi para pecinta sejarah dan keindahan arsitektur. Dengan mengeksplorasi jejak sejarahnya, Anda tidak hanya menambah wawasan tentang sejarah Indonesia, tetapi juga memiliki pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah merencanakan perjalanan ke Masjid Tua Katangka dan rasakan keindahan Sulawesi Selatan yang begitu memikat hati.