Wisata mata air aqua subang

Gundana

Wisata Air Terjun Mata Air Aqua Cipondok Subang, Tempatnya yang Jernih dan Instagramable

Mata air menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Indonesia. Di daerah Cipondok, Subang, Jawa Barat, terdapat sebuah mata air yang menarik perhatian wisatawan dengan kejernihannya yang memukau. Mata air ini dinamakan Mata Air Aqua Cipondok Subang yang menjadi primadona baru bagi para wisatawan yang ingin berfoto di bawah air.

Keindahan dan Kejernihan Mata Air Aqua Cipondok Subang

Mata air Aqua Cipondok Subang terkenal dengan kejernihannya yang luar biasa. Dari atas, wisatawan dapat melihat bebatuan di dasar kolam. Airnya sangat jernih sehingga warga sekitar pun menggunakan mata air ini sebagai sumber air minum, mencuci, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Sementara, wisatawan dapat menikmati kejernihan air tersebut dengan berenang dan berpose di bawah air. Karena keindahan dan kejernihannya yang memukau, mata air Aqua Cipondok Subang menjadi tempat wisata yang Instagramable.

Sejarah Mata Air Aqua Cipondok Subang

Meski sekarang menjadi tempat wisata yang populer, mata air Aqua Cipondok Subang awalnya bukanlah destinasi wisata. Mata air ini merupakan pasokan air mineral bagi pabrik air mineral. Namun, karena kejernihannya yang luar biasa, wisatawan mulai tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di bawah air mata air Aqua Cipondok Subang.

BACA JUGA:   Wisata Alam Kaliwungu Karawang Foto

Lokasi dan Rute Menuju Mata Air Aqua Cipondok Subang

Mata air Aqua Cipondok Subang terletak di daerah Cipondok, Subang, Jawa Barat. Jika Anda berasal dari Jakarta, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau kereta api. Setelah tiba di Stasiun Subang, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum seperti ojek atau taksi.

Mata Air Aqua Cipondok Subang (instagram.com/datraa)

Mata Air Aqua Cipondok Subang (instagram.com/datraa)

Mata Air Cipondok sendiri nyaris tidak pernah kering bahkan di musim kemarau sekalipun. Karena debit air yang banyak tersebut, warga sekitar pun memakainya untuk kebutuhan sehari-hari hingga menampungnya di kolam.

Lama-kelamaan, banyak wisatawan tertarik dengan kolam mata air yang ada. Layaknya di Umbul Ponggok, wisatawan bisa bebas berfoto di bawah air yang jernih nan segar.

Bahkan, beberapa wisatawan kerap membawa properti mereka sendiri untuk berpose di dalam mata air Cipondok ini.

Mata Air Aqua Cipondok Subang (instagram.com/bagazlow)

Mata Air Aqua Cipondok Subang (instagram.com/bagazlow)

Lokasi mata air ini sendiri berada di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempatnya tak jauh dari pabrik Aqua Cipondok sehingga mudah dicari.

Untuk masuk kemari, wisatawan tak perlu membayar mahal. Cukup mengeluarkan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 saja, juga biaya untuk toilet dan tempat ganti pakaian.

Nah, tertarik untuk berwisata bawah air di Mata Air Aqua Cipondok Subang ini?

Sumber Mata Air CipondokPhoto by @teguh.rhyu

Wisata air ini awalannya dibangun karena rasa prihatin warga pada aliran air yang jernih. Sumber Mata Air ini dulunya sering menjadi tempat keperluan sehari-hari terasa dari minum, mandi, mencuci, hingga berenang. Padahal sumber air ini berasal dari sumber air di Subang yang benar-benar jarnih dan punya kandungan mineral memadai tinggi. Bahkan lebih dari satu air disita oleh perusahaan air mineral untuk mengolah air mineral dalam kemasan. Jadi, sudah terbayangkan bagaimana jernih dan sejuknya air di sumber mata air ini?

BACA JUGA:   Memukau 7 Foto Wisata Taman Vatulemo

Kemudian sejalan jalannya waktu, warga kurang lebih menyaksikan potensi di kolam air subang ini terlampau bagus. Kini wisata air Cipondok menjadi daerah wisata air yang menyenangkan. Bahkan terhadap musim kemarau tiba mata air ini selalu mengeluarkan air dalam kuantitas besar dan seakan akan tidak pernah habis. Pabrik Aqua memang tak jauh dari sumber mata air ini. Keberadaan Kolam Cipondok ini yang dekat bersama pabrik, maka kolam ini diberi nama sebagai Mata Air Aqua Cipondok.

Keseruan Berenang di Mata Air Cipondok

Selain kolam airnya yang begitu jernih dan sejuk, daerah wisata Subang Jawa Barat ini juga telah mempunyai bermacam fasilitas. Fasilitas di area wisata ini seperti Area Parkir, Toilet, Kamar Ganti, Mushola, sampai Warung yang menyediakan beraneka menu makanan enak. Di samping itu harga tiket masuknya juga murah, terjangkau bagi semua kalangan.

Harga Tiket Masuk Mata Air Cipondok

Tentunya untuk menikmati wisata air yang jernih bukan main ini kudu membayar HTM yang udah ditentukan. HTM wisata ini sebatas tarif parkir, yaitu sebesar Rp 2.000. Murah bukan?

Lokasi Mata Air Cipondok Subang

Wisata Kolam Renang di Subang ini menduduki alamat di Pasanggrahan, Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283. Untuk Rute Menuju Mata Air Cipondok Subang mampu ditempuh berasal dari pusat kota Subang bersama dengan jarak tempuh 26 km dan memerlukan sementara perjalanan kurang lebih 48 menit. Dari arah Pusat Subang kalian bisa arahkan menuju Tugu Nanas menuju Jl Cagak. Lalu belok kanan ikuti jalur selanjutnya sampai menemukan papan nama yang mengarahkan menuju Lokasi Wisata Mata Air Cipondok Subang.

Jam Buka Wisata

Demikian Info mengenai Tempat Spot Snorkeling di Jawa Barat, yaitu Wisata Mata Air Cipondok Subang Jawa Barat. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA:   Favorit 15 Wisata Gunung Sibayak Foto Yang Menakjubkan

Kesimpulan

Mata air Aqua Cipondok Subang merupakan destinasi wisata alam yang indah dan populer di Jawa Barat. Kejernihan air mata air Aqua Cipondok Subang membuatnya menjadi tempat wisata yang Instagramable dan menjadi favorit para wisatawan. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Also Read

Bagikan: