Wisata pantai istana amal penajam

Gundana

Sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, ternyata Penajam Paser Utara (PPU) memiliki garis pantai yang menarik untuk dikunjungi. Meski tidak diberkahi pasir putih dan air laut nan biru. Berikut daftarnya.

Dilansir dari Kaltim Faktual, sebagai kabupaten termuda kedua di Kaltim. Sektor pariwisata di PPU belum terlalu berkembang pesat. Meski begitu, bukan berarti daerah ini tak memiliki destinasi potensial.

Dianugerahi garis pantai yang memanjang dari Babulu hingga Penajam. PPU sebagai lokus IKN Nusantara, punya beberapa pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Istana Amal

Bermain ATV di pantai adalah satu dari sekian hal yang bisa kamu jajal di Pantai Istana Amal. (IG/Istana Amal)

Ini yang paling baru, paling gres, dan paling hits. Terletak di Km 3 Penajam. Sekitar 5 menit dari Pelabuhan Penyeberangan Penajam-Balikpapan. Pantai Istana Amal menawarkan suasana pantai plus plus.

Ya, pengunjung bukan cuma bisa berenang di pantai atau sekadar bermain pasir. Tapi juga bisa bermain sepeda, motor trail mini, motor ATV, karaokean, ataupun bermain tranpolin dan istana balon buat para bocil.

Dan untuk pecinta kuliner, kamu bisa mencoba berbagai menu istimewa yang dijajakan di restoran atau tenant makanan di dalam area pantai.

Dan yang menjadi pembeda dari Pantai Istana Amal ialah, terdapat penginapan dengan view laut lepas langsung. All in one area. Semua ada di sini. Dan hal-hal menarik lainnya, harus kamu temukan sendiri di sana. Gaskeun!

2. Pantai Tanjung Jumlai

Tanjung Jumlai nan legendaris. Rajut kisahmu di sini. (Totok Orista)

BACA JUGA:   Kuliner khas surabaya malam hari

Pantai legendarisnya PPU. Dan honestly, Tanjung Jumlai adalah yang terbaik. Pasir dan airnya bersih. Nyaman buat berenang karena ombaknya bersahabat. Bahkan jika beruntung, kamu bisa melihat Tanjung Jumlai versi kehijauan. Saking jernihnya. Sebaliknya, kalau lagi apes, air laut bisa keruh karena faktor cuaca.

Masuknya gratis, kecuali Lebaran. Dan kamu bisa memandangi laut dari pendopo atau selonjoran di bawah pohon kelapa yang banyak terdapat di sana. Cemilan cepuluh pun banyak ketika sore hari.

Lokasinya? Di Kelurahan Saloloang. Bisa diakses dari Simpang Pasar Petung, Simpang Tunan, ataupun Simpang Girimukti SMAN 5.

3. Pantai Nipah Nipah

Pantai Nipah Nipah sangat cocok buat pecinta senja. (Guna)

Nama aslinya Pantai Sipakario. Tapi orang-orang lebih familiar dengan nama Nipah Nipah. Ini cocok buat kaum muda-mudi. Yang ke pantai bukan untuk berenang. Tapi buat hangout ataupun pacaran.

Tempat terbaik untuk memandangi laut. Tampak juga Kota Balikpapan di kejauhan. Dan tentunya, tempat terbaik untuk menanti sunset ataupun sunrise.

4. Pantai Corong

Pantai Corong masih relatif alami dibanding pantai lain di PPU. (Muin)

Ini buat opsi liburan murah meriah. Selain tidak bertiket. Juga tidak ada wahana permainan ataupun penjual di hari-hari biasa. Hanya ketika momen libur hari besar saja semua fasilitas itu ada.

Pantai Corong cocok buat kamu yang, selain mau berhemat. Juga menyukai pantai alami. Banyak hal yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman ataupun keluarga di sini.

Lokasinya pun mudah dijangkau. Jika kamu dari arah Penajam. Lurus saja ikuti jalan raya. Melewati Petung, Tunan, dan tepat sebelum jembatan besar. Belok kiri. Lurus saja, sampai bertemu jembatan lagi, belok kanan.

BACA JUGA:   Paket Snorkeling Gili Trawangan: Pengalaman Menakjubkan di Bawah Laut yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ikuti jalan berliku di bawah rimbunan pohon kelapa. Dan mulai berhati-hati, karena ada simpang 3 yang kamu harus belok kanan untuk sampai Pantai Corong. Kalau kelewatan, ya kamu akan sampai di Pantai Tanjung Jumlai. (*)

Sumber: Kaltim Faktual

Also Read

Bagikan: