Wisata Sekitar Candi Cetho: Menikmati Keindahan Alam dengan Arsitektur yang Menakjubkan

Koko Pangestu

Jika Anda mencari liburan yang menyenangkan di Jawa Tengah, maka Candi Cetho bisa menjadi pilihan yang tepat. Candi ini terkenal dengan keindahan alam sekitarnya serta arsitektur yang menakjubkan. Lokasinya yang terletak di desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, membuatnya sangat mudah untuk diakses.

Namun, tidak hanya Candi Cetho yang menarik Anda untuk mengunjungi tempat ini. Ada banyak tempat yang indah dan menarik di sekitarnya yang patut Anda kunjungi.

Bukit Sigedang

Bukit Sigedang adalah tempat populer untuk menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian. Dari puncak bukit, Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa melihat rerumputan hijau, hutan yang luas, dan pegunungan di kejauhan.

Jika Anda suka berjalan-jalan di alam terbuka, maka hiking ke Bukit Sigedang bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi, pastikan Anda membawa air dan makanan yang cukup karena ini membutuhkan banyak tenaga dan waktu.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah tempat yang ideal untuk bersantai dan menenangkan pikiran Anda. Terletak di sekitar dua kilometer dari Candi Cetho, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Airnya jernih dan segar, membuatnya sangat memikat untuk berenang.

Bagi para penggemar fotografi, Anda pasti akan menyukai pemandangan sekitar air terjun karena sangat menakjubkan. Di sini, Anda bisa mengambil foto yang indah dengan latar belakang air terjun yang gemercik.

Lembah Serayu

Lembah Serayu adalah tempat yang indah dan menenangkan untuk dikunjungi. Terletak sekitar 45 kilometer dari Candi Cetho, lembah ini terkenal dengan hamparan sawah terbuka yang menakjubkan. Di sini, Anda bisa melihat petani yang bekerja dan menyaksikan kehidupan pedesaan sehari-hari.

BACA JUGA:   22 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Dan Keunikannya

Saat berkunjung ke Lembah Serayu, jangan lewatkan untuk mencoba makanan lokal yang lezat. Ada banyak restoran di sekitarnya yang menyajikan makanan lezat dan segar.

Desa Wisata Sepakung

Desa Wisata Sepakung adalah tempat yang ideal untuk merasakan kehidupan pedesaan Jawa yang sebenarnya. Terletak sekitar enam kilometer dari Candi Cetho, desa ini memiliki lahan pertanian, kebun binatang, museum, dan perkebunan teh yang menakjubkan.

Jika Anda suka belajar tentang kehidupan di desa dan ingin mencicipi hidangan lokal, maka mengunjungi Desa Wisata Sepakung adalah pilihan yang tepat.

Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah tempat sejarah yang menakjubkan yang sebaiknya Anda kunjungi. Terletak sekitar 10 kilometer dari Candi Cetho, candi ini terkenal dengan arsitektur yang unik dan menarik.

Di dalam kompleks candi, Anda bisa melihat patung-patung yang indah dan relief-relief yang menarik. Dengan begitu banyak hal yang dilihat, mengunjungi Candi Sukuh akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kesimpulan

Candi Cetho dan sekitarnya adalah tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Dengan banyaknya tempat yang dapat dikunjungi, seperti Bukit Sigedang, Air Terjun Jumog, Lembah Serayu, Desa Wisata Sepakung dan Candi Sukuh, liburan Anda akan menjadi sangat menyenangkan dan menakjubkan.

Dari pemandangan pegunungan, hutan, sawah terbuka, dan kehidupan pedesaan, Anda akan merasakan keindahan alam Jawa Tengah yang luar biasa. Segeralah merencanakan perjalanan Anda untuk menikmati keindahan dan pesona wisata sekitar Candi Cetho.

Also Read

Bagikan: