Wisata Taman Bunga Nusantara: Melihat Keindahan Bunga di Negara Kita

Jayadi Sitorus

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satu contohnya adalah taman bunga yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Di tengah kesibukan dan kepenatan kota, berwisata ke taman bunga pasti menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat. Salah satu yang paling terkenal adalah Wisata Taman Bunga Nusantara yang terletak di Cipanas, Jawa Barat.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Wisata Taman Bunga Nusantara ini pertama kali dibuka pada tahun 1995 atas prakarsa dari komunitas pecinta bunga yang dipimpin oleh Ibu Onita Widodo. Tujuannya adalah untuk mempromosikan flora dan fauna Indonesia yang kaya akan keindahan dan keragaman. Dahulu, lahan seluas 35 hektar di Cipanas tersebut hanya merupakan lahan kering yang tidak terurus. Namun, setelah Ibu Onita Widodo memimpin, lahan tersebut diubah menjadi sebuah taman bunga yang menakjubkan. Taman bunga ini terus berkembang hingga menjadi taman bunga terbesar di Indonesia.

Menikmati Keindahan Taman Bunga Nusantara

Wisata Taman Bunga Nusantara menawarkan pengunjungnya pemandangan yang menakjubkan. Di sana, kita bisa menemukan lebih dari 20 ribu jenis bunga dan tanaman yang tumbuh di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Taman Bunga Nusantara juga memiliki konsep yang dibuat untuk wisata edukasi. Pengunjung akan diajak berkunjung ke berbagai zona yang ada di Taman Bunga Nusantara, seperti zona tropis, zona Mediterrania, zona Amerika, zona Eropa dan zona Indonesia. Di setiap zona, kita bisa mempelajari bunga-bunga yang tumbuh di seluruh dunia. Selain itu, ada juga taman mini yang dibuat khusus untuk anak-anak agar mereka dapat belajar tentang tanaman dan bunga.

BACA JUGA:   21 Foto Wisata Alam Dieng

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

Tidak hanya menawarkan atraksi keindahan bunga yang luar biasa, di Wisata Taman Bunga Nusantara juga disediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung agar dapat menikmati wisata dengan nyaman. Beberapa fasilitas yang dapat kita temukan di sana adalah:

1. Restoran

Di dalam taman, pengunjung bisa menemukan beberapa restoran dan warung yang menjual makanan khas Sunda. Selain itu, kita juga bisa menemukan berbagai jenis makanan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

2. Toilet

Taman Bunga Nusantara juga menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan cukup banyak untuk pengunjung.

3. Parkir

Untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, tersedia area parkir yang luas dan aman.

4. Area Istirahat

Taman Bunga Nusantara juga menyediakan beberapa bangku dan area istirahat yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai.

Tips untuk Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara

Untuk bisa menikmati keindahan Taman Bunga Nusantara dengan maksimal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Datang pada saat musim bunga

Agar bisa melihat bunga dengan jumlah terbanyak dan warna-warna yang paling cantik, datanglah pada saat musim bunga. Biasanya musim bunga di Taman Bunga Nusantara dimulai pada bulan Juli hingga Agustus.

2. Siapkan fisik yang prima

Berjalan-jalan di taman bunga akan membutuhkan banyak tenaga, pastikan bahwa fisik kita prima dan kita sudah makan sebelum berkunjung ke sana.

3. Kenakan pakaian yang nyaman

Pastikan kita mengenakan pakaian yang nyaman dan dapat melindungi dari terik matahari.

Kesimpulan

Wisata Taman Bunga Nusantara di Cipanas, Jawa Barat adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat dan menikmati keindahan bunga. Pengunjung akan diajak melihat bunga-bunga dari seluruh penjuru dunia dan mendapatkan edukasi mengenai flora dan fauna Indonesia. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menikmati wisata dengan nyaman. Agar bisa menikmati wisata dengan maksimal, pastikan kita datang pada saat musim bunga, siapkan fisik yang prima, dan kenakan pakaian yang nyaman. Jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung ke salah satu wisata edukasi ini!

Also Read

Bagikan: